Jumat, 22 Agustus 2008

'Pendekatan Pelayanan yang Bermutu"

oleh : Fitrotun Niswah, SAP,MAP


Perbaikan pelayanan pemerintah merupakan bagian penting dari proses pembaharuan. pendekatan "Pelayanan yang Bermutu" yang berfokus pada peningkatan partisipasi dan berorientasi pelanggan, melalui desentralisasi dan efisiensi lembaga pemerintah. Hal ini dicapai dengan cara merasionalisasi pelayanan melalui swastanisasi dan mempromosikan pelayanan berbasis masyarakat.
*Penyebarluasan penerapan pendekatan ini akan memberikan banyak manfaat, yaitu pelayanan pemerintah lebih ramping, lebih efektif dan efisien; peningkatan akuntabilitas pemerintah; pelayanan pemerintah dan sektor swasta yang semakin baik, peningkatan semangat dan kinerja di kalangan pegawai negeri; pekerjaan di sektor swasta semakin banyak; peningkatan output dan pekerjaan produsen pun semakin banyak dan produk lebih bermutu bagi pelanggan serta pengembangan mata pencaharian.
Penerapan 'Pendekatan Pelayanan yang Bermutu" secara total merupakan pekerjaan berat. Karena proses ini membutuhkan pembaharuan secara fundamental terhadap sebagian besar sistem pemerintahan, termasuk prasyarat dan masa kerja pegawai negeri, sistem keuangan dan administrasi serta pengkajian dan peninjauan ulang berbagai undang undang dan peraturan yang mengatur administrasi publik di Indonesia. Sebagian hal di atas bahkan diluar jangkauan wewenang manajer senior pelayanan publik.
Peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun dan melaksanakan kegiatan merupakan bagian dari proses pemberdayaan masyarakat. Proses ini kelak akan menghasilkan masyarakat yang lebih kuat, lebih mandiri, mampu menangani proses pembangunan mereka sendiri serta mampu menuntut pelayanan yang mereka perlukan dari pemerintah dan penyedia pelayanan lainnya.

andaikata pelayanan ini bisa dimaksimalkan alangkah makmurnya negeri kita ini??

Tidak ada komentar: